Text
Pembelajaran Tematik Terpadu
Alam membekali anak dengan pada keteraturan. Kepekaan yang berasal dari dalam diri ini bukan kemampuan membedakan objek, melainkan lebih pada kemampuan membedakan hubungan antarobjek itu sendiri. Dengan demikian, kemampuan ini membentuk keseluruhan lingkungan yang terdiri dari bagian - bagian yang saling bergantung. Ketika seseorang dihadapkan pada lingkungan ini, dia akan dapat mengarahkan kegiatannya untuk mencapai tujuan - tujuan tertentu. Lingkungan semacam ini adalah dasar bagi kehidupan yang terintegrasi ( Maria Montessori ).
Kurikulum SD/MI menggunakan pendekatan pembelajaran tematik terpadu dari kelasi I sampai kelas IV. Pembalajaran tematik terpadu merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam berbagai tema.
Pengintegrasian tersebut dilakukan dalam dua hal, yaitu integrasi sikap, keterampilan, dan pengetahuan dalam proses pembelajaran dan integrasi berbagai konsep dasar sehingga peserta didik tidak belajar konsep dasar secara parsial. Dengan demikian, pembelajarannya memberikan makna yang utuh kepada peserta didik/murid seperti tercermin pada berbagai tema yang tersedia.
Pembelajaran tematik dengan mengangkat tema - tema yang dekat dengan kehidupan siswa dan lingkungannya akan memberikan makna bagi siswa, karena memenuhi kebutuhan, menarik minat dan bakat siswa sehingga membantu dalam menyelesaikan persoalan atau pekerja bagi masa depannya.
Buku ini menyajikan tentang pembelajaran tematik terpadu mulai dari konsep dasar teori sampai pada aplikasi pengembangannya dengan merujuk pada pedoman pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013.
Tidak tersedia versi lain