Text
HubunganAntara Prestasi Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Dengan Perilaku Keagamaannya (Penelitian di SMA Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya)
Bidang studi Pendidikan Agama ISlam di Sekolah merupakan mata pelajaran yang amat penting bagi pengembang aspek sikap dan nilai pada diri siswa. Adapun tujuan Pendidikan Agama Islam di sekolah-sekolah formal adalah membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Dilakukan dengan cara pembinaan perilaku keagaan atau aspek efektif. Dalam pembinaan aspek efektif inilah ditanamkan keimanaan tersebut dalam hati anak didik melalui pengajaran di sekolah. Dengan demikian diduga bahwa siswa yang prestasi belajarnya tinggi dalam bidang studi pendidikan Agama ISlam dan memiliki keimanan yang kuat maka akan nbaik pula perilaku keagamaannya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mengenai hubungan anatara prestasi belajar siswa SMA Serba Bakti Suryalaya dengan perubahan perilaku keagamaan.
Penelitian ini bertolak dari sebuah teori yang mengatakan bahwa Pendidikan Agama Islam adalah sebuah proses dalam pembentukan perilaku keagamaan siswa.
Dari pengertian di Atas bidang studi Pendidikan Agma IOSlam yang dipelajrinya. Oleh karena itu penulis bermaksud mengetahui bagaimana hubungan antara prestasi belajar siswa yang dicapai siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam dengan perubahan perilaku keagamaan.
Hipotesis yang akan diajukan adlah terdapat hubungan yang signifikasi antara prestasi belajar siswa dalan bidang studi Pendidikan Agma Islam dengan perubahan perilaku keagamaannya.
Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dari prestasi belajar siswa dalam bidang studi pendidikan Agama Islam semester ganjil 1994/1995 yang terdapat dalam dekumentasi leger guru dan data selanjutnya adalah hasil dari observasi. wawancara, dan penyebaran angket untuk mempeeroleh data tentang prilaku keagamaan. Setelah data di peroleh analisisnya dapat digunakan dengan pendekatan statistik uji kolerasi product moment.
Dari hasil penilitian hasil diatas, penulis memperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikasi antara prestasi belajar siswa SMA Serba Bhakti Suryalaya dalam bidang studi agama islam dengan perubahan perilaku keagamaannya. Koefisien yang diperoleh sebesar 0,25. Kenyataan ini memberikan makna koefisien korelasi rendah
, karena skor itu berada (0,25) antara 0,20 sampai 0,40. Hubungan teresebut dikategorikan positif, karena semakin baik prestasi belajar siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam dan memiliki keimanan yang kuat maka semakin baik pula perilaku keagamaannya. Adapun proses hubungan antara prestasi belajar siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam dengan perubahan perilaku keagamaannya mencapai 10%. Sedangkan yang 90% nya lagi merupakan faktor lain yang ikut mempengaruhi perilaku keagamaan siswa.
Tidak tersedia versi lain