Text
Persepsi Terhadap CBSA dan Hubungannya Dengan Motivasi Belajar Mereka Dalam Bidang Studi Agama ISlam (Penelitian di SMP Negeri PAnumbangan)
Guan meningkatkan aktifitas siswa dalam belajar, digunakan pendekatan baru dalam strategi belajar mengajar. Pendekatan tersebut dikenal dengan istilah CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif). Namun permasalahannya, siswa yang sehari-harinya terbiasa dengan belajar kurang aktif dimungkinkan memiliki problema tersendiri dengan hadirnya CBSA. Merka memiliki persepsi yang berbeda-beda terhadap CBSA, sehinga pada saatnya persepsi tersebut akan berpengaruh terhadap aspek-aspek lain dalam psikis siswa tersebut. Apakah pesepsi siswa terhadap CBSA berpengaruh positif terhadap motivasi belajar mereka? ataukah sebaliknya? Masalah itulah yang dikaji dalam penelitian ini.
Tujuan diadakann penelitian ini tiada lain hanya untuk mengetahuo hubungan keterpengaruhan motivasi belajar siwa dalam bidang studi agama Islam oleh persepsi siswa terhadap CBSA, Berhubungan atau tidak? Jika berhubungan apakah positif atau negatif? dan apakah tinggi atau rendah?.
Penelitian ini dilakukan berdasarkan dasar pemikiran bahwa pada diri manusia itu terdapat psikis. Psikis itu memiliki berbagai aspek atau sub-sub seperti persepsi, motivasi, minat, sikap dan sebaginya. Menurut teori asosiasi bahwa aspek-aspek dalam psikisitu saling bertautan (berasosiasi atau dengan yang lain) memberikan pengaruh kepada masing-masing secara timbal balik. CBSA sebagai suatu pendekatan dalam strategi belajar dapat dikatakan sebagai stimuli atau rangsangan untuk dipersepsi siswa, dimana menurut teori tersebut di atas persepsi akan memberikan pengaruh kepada motivasi.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa persepsi siswa terhadap CBSA memiliki angka rata-rata 3,19. Hal tersebut menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap CBSA bernilai cukup baik. Sementara motivasi belajar siswa SMP Negeri Panumbangan pada bidang studi Agama Islam memiliki angka rata-rata 3,40 dengan kualifikasi cukup. Setelah dikorelasikan diperoleh angka korelasi sebesar 0,61 yang menunjukkan adanya korelasi cukup. Dan angka korelasi tersebut meyakinkan (signifikasi) dengan bukti t hitung 6,54 sementara t tabel 1,996. Hipotesis yang diajukan, yaitu semakin baik persepsi siswa terhadap CBSA akan semakin baik motivasi belajar mereka dalam bidang studi Agama Islam.
Tidak tersedia versi lain