Text
Korelasi Antara Penggunaan Metode Dramatisasi Dengan Keberhasilan Belajar Siswa PAd Biang Studi PAI (Penelitian di MAdrasah Tsanawiyah Panjalu KAbupaten Ciamis)
Masalah pokok yang diteliti adalah: Korelasi antara penggunaan metode dramatisasi dengan keberhasilan belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agamka ISlam di MAdrasah Tsanawiyah PAnjalu Ciamis. Penelitian ini berangkat dari kerangka pemikiran bahwa dalam penggunaan metode dramatisasi pada proses pengajaran PAI akan tercapai dengan baik. Tujuan penelitian ikni adalah untuk mengetahui pelaksanaan penggunaanm metode dramatisasi di MAdrasah Tsanawiyah PAnjalu Ciamis.
Untuk mengetahui hal tersebut di atas, dilakukan langkah penelitian sebagai berikut: persiapan penelitian (perencanaan penelitian) Pelaksanaan penelitian , penyebaran angket, pengambilan nilai asli siswa bidang Studi PAI dan pengolahan data serta penafsiran data.
Dalam pengolahan data makak digunakan perhitungan statistika dengan rumus korelasi, hasil yang dicapai dari penelitian ini dalam hal penggunaan metode dramatisasi dalam pengajaran Pendidikan Agama Islam. Materi pengajaran sesuai dengan kurikulum banyak digunakan direankan oleh sisiwa yang pandai, pelaksanaajn dramatisasi kadang-kadang baik, metode dramatisasi kadang-kadang dipenuhi dan pelaksanaanya pun dijadwal oleh guru yang bersangkutan. Hubungan penggunaan metode dramatisasi dengan keberhasilan siswa dapat positif, koefisien korelasi 0,96 yang berarti dsalm korelasinya sangat tinggi. Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan, yaitu terdapat hubungan yang positif antara penggunaan ,metode dramatisasi dengan keberhasilan belajar siswa (prestasi) pada bidang atudi Pendidikan Agama ISlam dapat diterima.
Besarnya pengaruh penggunaan metode dramatisasi terhadap keberhasilan belajar siswa pada bidang studi PAI adalah 94,09 %, artinya kebrhasilan belajar siswa 5,01 %, dipengaruhi oleh penggunaan metode dramatisasi, sedangkan 5,01 %, dipengaruhi oleh faktor lain.
Tidak tersedia versi lain