Text
Problematika Pengajaran Al-Qur'an-Hadits Serta Usaha Penanggulangannya (Studi di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Tasikmalaya Kelurahan Empang Sari Kecamatan Tawang Kabupaten DT.II Tasikmalaya)
Nurul Hawa:Problematika Pengajaran Al-Qur'an-Hadits Serta Usaha-usaha Penanggulanagnnya di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Tasikmalaya Kelurahan Empangsari Kecamatan Tawang Kabupaten DT II TAsikmalaya.
Problematik dalam proses belajar mengajar sudah pasti ada yang dirasakan oleh guru dalam mengajar.Namun ada perbedaan yaitu berat ringannya masalah tersebut.Problema yang dihadapi oleh guru bidang studi Al-Qur'an-Hadits di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah TAsikmalaya berkisar masalah minat dan perhatian belajar siswa dan partisipasi orang tua siswa dalam membina dan meningkatkan pendidikan anaknya serta faktor-faktor lain yang memberi pengaruh terhadap kedua masalah diatas.
Mengingat masalah diatas erat hubungan dengan prestasi belajar bagi seorang siswa,tujuan pendidikan akan berhasil apabila ada perhatian dan minat siswa dalam belajar faktor lain yang mempengaruhi keberhasilan pendidikannya yaitu:partisipasi atau perhatian orang tua siswa dalam membina dan maningkatkan agama kepada anaknya dengan penuh rasa tanggungjawab dan penuh kesadaran,metode mengajar yang bervariasi,tersediannya sarana dan prasarana belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika pengajaran Al-Qur'an-Hadits dan usaha-usaha penanggulangannya yang dilakukan oleh guru maupun oleh lembaga pendidikan.Di madrasah tsanawiyah muhammad tasikmalaya.Kelurahan empangsari kecamatan tawang kebupaten DT II tasikmalaya.
Penelitian ini bertitik tolak dari kerangka pemikiran bahwa teori menunjang adanya permasalahan dalam prestasi belajar mengajar akan mempengaruhi terhadap prestasi yang akan dicapai dan juga terhadap perhatian dan minat siswa dalam meningkatkan pendidikan keagamaannya.
Alloh menjanjikan akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua macam pendekatan yaitu studi literatur yang relevan dengan masalah yang dibahas dan penelitian langsung ke lokasi penelitian dengan menggunakan metode deskrifsi dengan random sampel.Adapun pengolahan data dilakukan dengan dua cara yaitu analisis logika untuk data bersifat kualitatif dan menggunakan chi kuadrat (X) untuk data yang bersifat kuantitatif.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa adanya problematika/permaslahan dalam proses belajar mengajar ada pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa.Dilihat dari hasil penelitian yang menggunakan chi kuadrai(X),X hitung lebih besar dari x yang ada pada tabel (3,840).
Tidak tersedia versi lain