Text
Hubungan Antara Keterampilan Mengajar Guru Dengan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Bidang Agama Islam
Salah satu faktor yang dapat mengembangkan tingkat keberhasilan proses belajar mengajar di suatu sekolah adalah keaktifan siswa didalam mengikuti pelajaran tersebut. Keterpaduan proses belajar siswa dengan proses mengajar guru sehingga terjadi interaksi belajar mengajar tidak datang begitu saja dan tidak dapat tumbuh tanpa pengaturan yang ditunjang oleh keterampilan-keterampilan mengajar guru yang dikuasainya/dimilikinya. Keterampilan mengajar dalam mengelola proses pengajaran dalam upaya meningkatkan kreatifan siswa didalam bidang studi agama Islam sangat berperan, di samping peranan siswa itu sendiri sebagai subyek dan obyek pendidikan. Namun demikian keterampilan mengajar guru dalam mengelola proses pengajaran berbeda-beda sehingga memungkinkan adanya perbedaan tingkat kreatifan siswa yang dimilikinya. Hal ini didasarkan atas anggapan bahwa semakin tinggi hubungan keterampilan mengajar guru dalam mengelola proses belajar mengajar bidang studi agama Islam maka semakin tinggi pula aktivitas belajar siswa dalam bidang studi agama Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana kadar hubungan antara keterampilan mengajar guru dengan aktivitas belajar siswa dalam bidang studi agama Islam di SMP Negeri Sindangherang.
Karenanya, penelitian ini bertolak dari sebuah teori yang menyatakan bahwa upaya untuk meningkatkan tingkat keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar harus memperhatikan tingkat keterampilan mengajar guru dalam mengelola proses pengajaran sehingga dapat mendorong siswa aktif melakukan proses belajar mengajar secara efektif dan efisien atau dapat mencapai hasil belajar yang sesuai dengan tujuan yang dirimuskan. Sehinggan penulis berkeinginan untuk mengetahui besar nilai koefisien korelasi ( ) antara keterampilan mengajar guru dengan aktivitas belajar siswa dalam bidang studi agama Islam. Oleh karena itu hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan mangajar guru dengan aktivitas belajar siswa dalam bidang studi agama Islam.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan penyebaran angket, terutama untuk mengetahui keterampilan mengajar guru dan unutk mengetahui aktivitas belajar siswa dalam bidang studi agama Islam di SMP Negeri Sindangherang, dan data selanjutnya dari hasil observasi,wawancara, serta teknik kepustakaan, sedangkan menguji hipotesis diaplikasikan model statitiska non parametrik dengan korelasi rank spearman.
Tidak tersedia versi lain