Text
Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Belajar Anak (studi;di Madrasah Tsanawiyah Puteran Pagerageng Tasikmalaya)
N.Nurlaila Shopariah:Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Belajar Anak di Mts Puteran Pagerageng
Keluarga adalah merupakan lembaga pendidikan yang bersifat informasi dan merupakan lingkungan pertama dan utama dialami oleh anak,juga lembaga pendidikan yang bersifat kodrat.Pendidikan dalam keluarga merupakan pondasi bagi pertumbuhan pribadi anak.Dalam lingkungan keluargalah anak kali mengenal kasih sayang,hubungan dengan orang lain,bahkan dirinya sendiri.Karena itu logis apabila faktor yang paling berpengaruh terhadap perkembangan anak dan minat untuk brlajar si sekolah adalah lingkungan kehidupan keluarga.Hal ini didasarkan atas anggapan bahwa semakin baik lingkungan keluarg semakin tinggi minat belajar ank.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran empirik pengaruh lingkungan keluarga terhadap minta belajar anak di Mts Puteran Pagerageng Tasikmalaya.
Penelitian ini bertolak bahwa timbulnya minat belajar anak dipengaruhi oleh lingkungan keluarga di mana anak tinggal.Pleh karena itu penulis bermaksud ingin mengatahui besar nilai koepisien korelasi (r),antara lingkungan keluarga dan pengaruhnya terhadap minat belajar anak di sekolah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.Sedangkan teknik yang digunakan dalam perkumpulan datanya adalah hasil dari observasi,wawancara,dan angket,untuk memperoleh data tentang variasi lingkungan keluarga anak dengan cara pendekatan statistik paramentrik,terutama regresi lonear dan korelasi sederhana.
Dari hasil penelitian di atas,pemulis memperoleh kesimpulan:Bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikasi antara lingkungan keluarga terhadap minat belajar anak di Mts puteran Pagerageng.Koe fisien yang diperoleh sebesar 0,56.Kenyataan ini memberi makna koefisien korelasi sedang,karena skor 0,56 itu berada di antara 0,40-0,70.
Tidak tersedia versi lain