Text
Disiplin Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Dan Korelasinya Dengan Prestasi Belajar Slswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (studi di SMA Galuh Mangunjaya,Padaherang ,Ciamis)
Muhlasin:Disiplin Guru dalam Proses Belajar Mengajar dan Korelasinya Dengan Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam.
Guru dalam proses belajar mengajar merupakan faktor utama yang dapat menentukan keberhasilan dan peningkatan hasil belajar.Mengingat bahwa guru merupakan komponen yang dapat menentukan gagal dan berhasilnya proses belajar mengajar,maka disiplin guru dalam proses belajar mengajar merupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh setiap pengajar.Hal ini karena pendidikan modern guru tidak hanya menyampaikan materi saja,tetapi guru hanya mampu membimbing dan mengarahkan serta memberi motivasi kepada anak didknya (murid).
Penelitian ini berangkat dari suatu hipotensi yang menyatakan bahwa semakin tinggi disiplin guru dalam proses belajar mengajar,maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa.adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mrngrtahui disiplin guru dalam proses belajar mengajar,mengetahui prestasi belajar siswa,dan mengetahui hubungan antara disiplin guru dalam proses belajar mengajar dengan prestasi belajar siswa nidang studi pendidikan agama islam.Penelitian ini dilakukan dengan menelaah terlebih dahulu buku-buku kepustakaan,observasi di lapang,wawancara,angket,dan menelaah nilai pretasi belajar siswa yang dicapai dari hasil semester genap tahun ajaran 1990/1991.
hasil pengolahan data memberikan gambaran bahwa disiplin guru dalam proses belajar mengajar bidang studi pendidikan agama islam,di SMA Galuh Mangunjaya dapat dapat direalisasikan dalam bentuk:Disiplin waktu,disiplin kerja,disiplin ilmu dallam pengajaran,dan disiplin dalam kerapihan.Sedangkan prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama islam silihat dari nilai rapor semester genap tahun ajaran 1990/1991.
Adapun hubungan antaran disiplin guru dalam proses belajar mengajar dengan prestasi belajar siswa bidang studi pendidikan agama islam, dari hasil perhitungan statistika dengan menggunakan regresi kinear dan korelasi sebesar 0,63,yang menunjukan kepada korelasi yang sedang/cukup,karena berada diantara interval 0,40-0,70.Denagn demikian,maka hipotensi yang penulis ajukan yaitu semakin tinggi disiplin guru dalam proses belajar mengajar,maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa,dapat diterima.
Tidak tersedia versi lain