Text
Hubungan Pembinaan Akhlak Anak Dalam Keluarga Dengan Motivasi Belajarnya Di Sekolah
Pembinaan akhlak anak merupakan faktor yang sangat penting yang harus diberikan oleh orang tua dalam keluarga, karena keluarga merupakan lembaga pendidikan yang bersifat informal dan lingkungan pertama dan utama yang dialami oleh anak, juga pendidikan yang bersifat kodrat bagi pertumbuhan pribadi anak. Dan didalam pendidikan, anak sangat membutuhkan dorongan yang positif dari keluarga untuk mencapai prestasi yang baik. Karena itu pembinaan akhlak anak dalam keluarga ada kaitannya dengan motivasi belajar anak di sekolah. Hal ini didasarkan atas anggapan bahwa semakin baik pembinaan akhlak anak dalam keluarga, maka semakin baik pula motivasi belajar anak di sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang hubungan pembinaan akhlak anak dalam keluarga dengan motivasi belajar siswa di MTs, Puteran Pagerageung Tasikmalaya.
Penelitian ini bertolak dari timbulnya motivasi belajar anak dipengaruhi oleh pembinaan anak dalam keluarga dimana anak tinggal. Oleh karena itu, penulis bermaksud ingin mengetahui besar nilai koefisien korelasi (r), antara pembinaan akhlak anak dalam keluarga dan hubungannya dengan motivasi belajar anak di sekolah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sedangkan teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah dengan penyebaran angket untuk mengetahui hubungan pembinaan akhlak anak dalam keluarga dengan motivasi belajar anak di Madrasah Tsanawiyah Puteran, dan data selanjutnya adalah dari hasil observasi dan wawancara, sedangkan untuk menguji hipotesisnya digunakan uji korelasi (r).
Dari hasil penelitian diatas penulis mengambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara pembinaan akhlak anak dalam keluarga dengan motivasi belajar siswa di sekolah.
Tidak tersedia versi lain