Text
Peranan Guru Bimbingan Dan Penyuluhan Dalam Memotivasi Belajar Siswa
Guru bimbingan dan penyuluhan merupakan faktor yang sangat penting dalam memberikan motivasi belajar kepada siswa. Karena bimbingan dan penyuluhan merupakan suatu pelayanan bantuan yang diberikan kepada individu atau sekelompok orang didalam mengatasi atau memecahkan masalah yang dihadapinya, terutama dalam masalah belajar. Dalam hal ini guru bimbingan dan penyuluhan yang harus berperan dalam mengatasi atau memecahkan masalah itu, yaitu dengan jalan memberikan motivasi. Makin tepat motivasi yang diberikan, maka akan berhasil pula pelajaran itu. Jadi motivasi akan senantiasa menentukan intensitas usaha belajar bagi para siswa. Hal ini didasarkan atas anggapan bahwa semakin tinggi peranan guru bimbingan dan penyuluhan, maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang peranan guru bimbingan dan penyuluhan dalam memotivasi belajar siswa di sekolah Menengah Pertama Negeri I Pagerageung Tasikmalaya.
Peneltian ini bertolak dari timbulnya motivasi belajar anak yang diberikan oleh guru bimbingan dan penyuluhan. Oleh karena itu penulis bermaksud ingin mengetahui peranan guru bimbingan dan penyuluhan dalam memotivasi belajar siswa.
Hipotesis yang diajukan adalah guru bimbingan dan penyuluhan cukup berperan dalam memberikan motivasi belajar siswa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Sedangkan teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah dengan penyebaran angket untuk peranan guru bimbingan dan penyuluhan dalam memotivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Pagerageung Tasikmalaya, dan data selanjutnya dari hasil observasi dan wawancara, sedangkan untuk menguji hasilnya digunakan chi kuadrat.
Dari hasil penelitian diatas penulis memperoleh kesimpulan bahwa, guru bimbingan dan penyuluhan cukup berperan dalam memberikan motivasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari penyebaran angket dari tiap siswa antara 26 sampai 40, dan rata-ratanya 50% dan hasil maksimum yang diharapkan yaitu 35,6.
Tidak tersedia versi lain