Text
Peranan Lembaga Pendidikan Islam Non Formal Dalam Pembinaan Kehidupan Beragama Bagi Remaja
Pendidikan Islam merupakan suatu kebutuhan dan kewajiban manusia, maka manusia mutlak harus mendapat pendidikan, baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Pada hakikatnya pendidikan merupakan suatu usaha secara sadar yang diberikan oleh orang dewasa/ pendidikan untuk membimbing dan mengarahkan anak menuju perkembangan, baik jasmani maupun rohani.
Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa keadaan kehidupan beragama seseorang akan lebih baik apabila diterima sejak dini. Semakin cepat pendidikan agama diterima seseorang, maka akan semakin mantap dan kuatlah agama pada diri seseorang. Agama mencakup seluruh aspek kehidupan manusia, baik perkataan, perbuatan ataupun sikap. Oleh karena itu pendidikan agama akan lebih baik apabila tidak hanya pada pendidikam formal, tetapi juga pendidikan yang non formal, seperti majlis ta'lim, yang dilaksanakan di Desa Cilampuyang.
Dari uraian diatas ada beberapa masalah antara lain bagaimana peranan lembaga Islam non formal dalam pembinaan kehidupan beragama bagi remaja? Bagaimana proses pengelolaan majlis ta'lim Desa Cilampuyang? Dan materi serta metode apa yang digunakan dalam lembaga pendidikan Islam non formal Desa Cilampuyang?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan lembaga pendidikan Islam non formal dalam pembinaan kehidupan beragama bagi remaja di Desa Cilampuyang. Untuk mengetahui proses pelaksanaan pendidikan Islam non formal di Desa Cilampuyang. Untuk mengetahui materi dan metode yang disamapaikan dalam lembaga pendidikan Islam non formal di Desa Cilampuyang. Sedangkam penelitian menggunakan teknik observasi, wawncara, studi kepustakaan, dan angket. Analisis data diperoleh melalui metode deskriptif dan statistika rametrik.
Hasil pengolahan data memberi penjelasan bahwa pembinaan kehidupan beragama melalui lembaga pendidikan Islam non formal di majlis ta'lim Desa Cilampuyang, adalah berperan. Pernyataan ini diperoleh dari hasil perhitungan statistik regresi linier dan kolerasinya sebesar 0,43 yang menunjukan kolerasi yang sedang, karena berada antara interval 0,40 - 0,70. Sedangkan proses pelaksanaan pendidikan Islam non formal adalah cukup baik. Materi yang diberikan antara lain Al-Qur'an, Fiqih, dan Tauhid. Metode yang disampaikan dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan peragaan.
Tidak tersedia versi lain