Text
Pengaruh Iklim Kehudupan Dalam Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Penelitian di MTs YAPIKA Kurnia-Garut)
Apong Marpuah:Pengaruh Iklim Kehidupan dalam Keluarga nterhadap Prestasi belajar Siswa dalam Bidnag Studi Pendidikan Agama Islam di MTs YAPIKA Kurnia Garut.
Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama yang meletakan dasr pendidikan permulaan bagi pertumbuhan dan perkembangan pribadi anak,dimana ornag tua terlebih langsung sebagai pendidikan anak-anaknya.Tugas ornag tua dalam membimbing anaknya dalam beljar tidak terletak pertama-tama memasak anak dalam belajar,yang lebih penting ialah menciptakan suasana iklim dan situasi dalam belajar di dalam lingkungan keluarga yang kiranya dapat menimbulkan dan dirasakan sebagai undangan bagi anak untuk belajar.DFalam pada itu kepada anak hendaknya terlebih dahulu diperkenalkan suasana belajar.mMaka diharapkan iklim kehidupan dalam keluarga dapat menciptakan kondisi bagi anak untuk belajar.
Penelitian ini bertolak dari sebuah kenyataan,bahwa keluarga mempunyai peranan penting bagi perkembangan psikologis anak,termasuk prestasi belajarnya.Tertarik atas hubungan kedua hal tersebut,yaitu iklim kehidupan dalam keluarga dan prestasi belajar,mkaka tujuan penelitioan ini adalah untuk mengetahui gambaran empirik tentang pengaruh tentan iklim kehidupan dalam keluarga terhadap prestasi belajar siswa MTs YAPIKA kurnia dalam bidang studi pendidikan agama islam.Sehingga dapat diketahui besar nilai koefisien korelasi (r),antara iklim kehidupan dalam keluarga dan pengaruh terhadap pretasi belajar siswa di sekolah dalam bidang studi pendidikan agama islam.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif,sedangkan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik observasi,angket dan wawancara.Untuk data selanjutnya adalah dari dokumentasi dan buku laporan pendidikan yang ada pada wali kelas untuk memperoleh data tentang prestasi belajar siswa dalam bidang studi pendidikan agama slam pada semester genap tahun ajaran 1990/1991.Kemudian untuk menganalisis data tersebut penulis menggunakan pendekatan statistik,trutama korelasi sederhana.
Dari hasil perhitungan dapat diketahui,bahwa terdapat pengaruh yang positif signifikasi dengan korelasi cukup antara iklim kehidupan dalam keluarga dengan pretasi belajar siswa MTs YAPIKA kurnia dalam bidang studi pendidikasn agama islam.hal ini dapat dibuktikan dengan harga korelasi sebesar o,66.Dikatakan korelasi cukup,karena skor 0,66 terletak antara 0,40-0,70 yang berarti korelasi cukup.Artinya bahwa hipotensi yang diajurkan terbukti dan dapat terima.
Tidak tersedia versi lain