Text
Pengaruh Penerapan CBSA Terhadap Minat Belajar Anak Dalam Pendidikan Agama Islam (Studi di SDN Kementrian Sukanagara)
Umi:Pengaruh Penerapan CBSA Terhadap Minat Belajar Anak Dalam Pendidikan Agama di SDN Kementrian Sukanagara
Bidangstudi agama islam di sekolah merupakan mata pelajaran yang amat penting bagi pengembangan aspek sikap dan moral bagi siri siswa.Adapun tujuan pendididkan agama islam di sekolah adalah membentuk manusia seutuhnya yang bertakwa kepada allh SWT.Juga menjadi insan yang kreatif.Dalam pendidikan agama islam supaya siswa lebih percaya diri dan untuk meningkatkan minat belajar siswa,maka diterapkan pengajaran yang menggunakan cara belajar siswa aktif (CBSA).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan CBSA dalam pendidikan agama islam di sekolah dasar,mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan dalam penerapan CBSA dan untuk mengetahui pengaruh penerapan CBSA dalam proses belajar anak dalam pendidikan agama islam terhadap minat belajar siswa.
Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa penerapan CBSA merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan minat belajar siswa.Bahkan sekarang sedang digalakan penerapan CBSA dalam proses belajar mengajar dilembaga-lembaga pendidikan,baik si SD maupun di sekolah lanjutan di segala bidang pelajaran.Oleh sebab itu dalam pendidikan agama islampun di terapkan CBSA,karena hal itu merupakan suatu pendekatan untuk meningkatkan minat siswa dan aktifitas belajar siswa di samping untuk meningkatkan mutu pendidkan dan hasil belajar siswa yang lebih baik.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua macam pendekatan.yakni pendekatan yang bersifat book survey yaitu penulis meneliti kajian-kajian literatur yang relevan dengan masalah yang dibahas dan pendekatan yang bersifat field survey yaitu penulis terjun langsunf kelokasi penelitian dengan menggunakan metode deskriftif dengan random sampel.Adapun pengolahan data dilakukan dengan cara;analisa logika untuk data yang bersikfat alitatif dan memakai pendekatan (kai kuadrat)untuk data yang bersifat kuantitatif.
Faktor yang menyebabkan kesulitan dalam penerapanCBSA yanni masih kurang sarana dan prasarana serta alat-alat peraga/media pendidikan,juga buka-buka literatur PAI,kutang kreatifnya guru dan kesadaran siswa untuk belajar.Oleh karena itu peleksanaan tersebut kurang berjalan dengan baik.
Langkah-langkah untuk mengatasi kesulitan tersebut yaitu mengadakan penataan kembali dalam proses belajar mengajar,menmbah sarana dan prasaran,menambah alat-alat peraga/media pendidikan dan menambah buku-buku literatur pendidikan agama islam dan meningkatkan kesadaran siswa untuk lebih percaya diri,agar siwa dapat belajar mandiri dan berkelompok sesama teman juga meningkatkan kakreatifan guru supaya lebih profesional dan berkopentensi.
Penerapan CBSA di SDN yang penulis teliti,sudah ada pengaruhnya terhadap minat belajar siswa,dilihat dari hasil penelitian yang menggunakan pendekatan X2 ,yang mana X2 hitung lebih besardari X2 yang ada pada tabel (9,49).
Tidak tersedia versi lain