Text
Eksistensi Perpustakaan Madrasah Pengaruhnya Terhadap Aktifitas Membaca Siswa
Eksistensi perpustakaan madrasah memiliki kedudukan yang sangat penting dalam membantu proses belajar mengajar, eksistensi perpustakaan madrasah juga mempunyai arti yang besar dalam rangka mengembangkan sikap senang membaca dan sikap menyenangi buku.
Sikap cinta terhadap buku perlu dikembangkan dari sejak dini, agar siswa tidak takut terhadap buku tebal dikemudian hari apabila sudah masuk di Peruguruan Tinggi, melalui eksistensi perpustakaan madrasah dapat dikembangkan cakrawala pandangan siswa terhadap ilmu pengetahuan teknologi, sosial, agama budaya dan alam sekitarnya.
Eksistensi perpustakaan madrasah sangat penting bagi para siswa, sebab dapat menolong para siswa untuk aktif mencari sendiri apa-apa yang harus diperlajari dan dapat menolong para siswa untuk menghubung-hubungkan pelajaran satu dengan pelajaran yang lainya.
Bertolak dari uraian diatas, maka penelitian ini diarahkan untuk mengetahui eksistensi perpustakaan madrasah dan aktivitas membaca siswa di MTsN Cubatu, kedua variabel ini akan dicari pengaruhnya.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi, penelitian ini menggunakan sampel, oleh karenanya penelitian ini bersifat penelitian sampel.
Analisis data menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif, analisis kuantitatif menggunakan pendekatan statistik logis bersifat kolerasioner, dilakukan dahulu uji normalitas dan uji linieritas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa eksistensi perpustakaan Madrasah Tsnawiyah Negeri Cibatu berkulifikasi sedang dan aktivitas membaca siswa di MTsN Cibatu berkualifikasi sedang.
Terdapat pengaruh eksistensi perpustakaan madrasah terhadap aktivitas membaca di MTsN Cibatu, indikasi uji t menunjukan t hitung 2,458, lebih besar dari t tabel 2,000. Jadi aktivitas membaca siswa di MTsN Cibatu lebih dominan dipengaruhi faktor lain.
Tidak tersedia versi lain