Text
Perbandingan Prestasi Belajar Siswa Kelas Satu Madrasah Tsanawiyah Asal Dari Madrasah Ibtidaiyah Dan Sekolah Dasar Dalam Bidang-Bidang Pendidikan Agama (Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negri Pamoyanan)
Endang:Perbandingan Prestasi Belajaran Siswa Kelas Satu Madrasah Tsanawiyah asal dari Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar Bidang-Bidang Pendidikan Agama.
(Penelitian di Madrasah Tsanawiyah Negeri Pamoyanan)
Prestasi belajar merupakan gambaran dari perilaku belajar siswa,baik itu dari segi asfek kognitif,afektif maupun psikomotor.Prestasi belajar siswa tidak akan terjadi dengan sendrinya,tetapi melalui proses kegiatan belajar.Berhasil atau tidaknya kegiatan belajar banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor.Di antara faktor yang mempunyai esensi tinggi berpengaruh terhadap prestasi belajar adalah latar belakang sekolah siswa.Karena sekolah sebelumnya memberikan bahan dan ateri yang bisa menunjang dalam meneruskan sekolah yang akan dihadapinya.Mengingat pendidikan dimadrasah Ibtidaiyah sangat menitikberatkan kepada pengajaran agama,hal ini merupakan pelajaran yang pokok di Madrasah Tsanawiyah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tindaknya perbedaan prestasi belajar siswa kelas satu medrasah tsanawiyah yang asal dari madrasah ibtidaiyah dan sekolah dasar dalam bidang-bidang pendidikan agama.
Penelitian ini bertitik tolak dari pemikiran bahwa prestasi belajar siswa sangat dipengaruhi oleh latar belakang pendidikan sebelunya.Dengan demikian penulisan mengajukan hipotesis:Prestasi belajar siswa kelas satu dimadrasah tsabawiyah yang asal dari madrasah ibtidaiyah akan jauh berbeda dengan siswa yang berasal dari sekolah dasar,Khusus dalam bidang-bidang pendidikan agama.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode komporatif.Untuk memperoleh datanya,penulis menggunakan teknik observasi,wawancara,dan pelaksanaan tes.Setelah data terkumpul pengolahannya dilakukan dengan pendekatan statistik,dan analisis perbedaan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa,prestasi belajar siswa yang asal dari Madrasah Ibtidaiyah sangat tinggi,sedangkan prestasi belajar siswa yang asal dari sekolah dasar hanya mencapai score rata-rata 37,5 lebih besar dari prestasi siswa asal dari Madrasah Ibtidaiyah yanitu 42,6.Analisis kedua variabel mempunyai perbedaan yang signifikasi.hal ini terbukti dengan tarap perbedaan (observasi)=3,13 yang terbukti lebih tinggi dari pada tarap signifikasi 5%:tt=2,02 dan tarap signifikansi 1%:tt(tabel)=2,71.
Maka hipotensi terbuka bahwa:2,02 3,13 2,71.
Tidak tersedia versi lain