Text
Presepsi Siswa Mengenai Kemampuan Guru Bidang Studi Aqidah Akhlak Dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Belajar Mereka
Dalam proses belajar mengajar terkandung serangkaian perbuatan timbal balik antara faktor guru sebagai pengajar ,dan siswa sebagai subjek belajar dalam situasi edukatif untuk mencapai suatu tujuan.
tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagai mana peersepsi siswa mengenai kemampuan guru bidang study aqidah akhlak?,bagaimana motivasi belajar siswa ? dan bagaimana pengaruh resepsi siswa mengenai kemampuan guru bidang study akhlak terhadap motivasi belajar mereka?.
penelitian ini bertolak dari kenyataan yang ada di madrasah tsanawiyah pamoyanan,nampaknya masih terdapat kesenjangan terutama dalam hal tenaga pengajar bidang study akhidah akhlak.karena pada umumnya secara di siplin akademis belum ada tenaga profesonalkhususnya dalam bidang study aqidah akhlak,shingga dapat di duga tidak akan berhasil semaksimal mungkin hasil yang di capai siswa dalam proses belajar mengajar bidang study aqidah akhlak.Pada perkembangan berikutnya hal itupun akan menimbulkan kurangnya motivasi belajar mereka.
metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode sekritif.Sedangkan untuk pengumpulan datanya dilakkukan dengan teknik angket yag didistribusikan kepada 90 bresponden menggunakan teknik statistik terutama statistik korelasi.
Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukan adanya korelasi antara presepsi siswa mengenai kemampuan guru bidang study aqidah akhlak dengan motivasi belajar mereka,sebesar koefisien korelasi 0,23 dalam tarap signifikansi 5%.Angka ini setelah dikonsultasikan dengan nilai r product moment ternyata menunjukan angka yang tidak jauh berada.Hal ini mengandung arti adanya korelasi.Seangkan besar kecilnya pengarh perubahan variable X (Persepsi siswa mengenai kemampuan guru bidang study aqidah akhlak) terhadap variable Y (Mptivasi belajar siswa) sebesar 23%,sehinggga masih ada 77% dipengaruhi oleh faktor lain,selain presepsi siswa mengenai kemampuan guru bidang study aqidah akhlak.karna arah korelasinya positif maka semakin baik dan optimal presepsi siswa mengenai kemampuan guru bidang study aqidah akhlak dalam proses belajar mengajar,akan semakin baik pula motivasi belajar mereka.
dari kenyataannya di atas,terbukti presepsi siswa mengenai kemampuan guru bidang study aqiah akhlak dapat mempengaruhi terhadap motivasi belajar sisiwa di madrasah tasnawiyah negri pamoyanan tasikmalaya.
Tidak tersedia versi lain