Text
Deskripsi Efektivitas Bimbingan Dan Penyuluhan Dalam Pengaruhnya Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Salah satu ciri yang dapat menggambarkan tinggi rendahnya tingkat keberhasilan siswa pada proses pendidikan adalah prestasi belajaranya. Bimbingan dan penyuluhan dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa ini sangat dominan, di samping peranan siswa itu sendiri sebagai subyek dan obyek pendidikan. Namun demikian bimbingan dan penyuluhan mempunyai pengaruh yang berbeda-beda, sehingga memungkinkan adanya perbedaab prestasi belajar yang dicapai oleh siswa. Hal ini didasarkan atas anggapan bahwa semakin tinggi efektivitas bimbingan dan penyuluhan, maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengaruh efektivitas bimbingan dan penyuluhan terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Tsnawiyah Serba Bakti Suryalaya.
Penelitian ini bertolak dari sebuah teori yang menyatakan bahwa keberhasilan prestasi belajar salah satunya dipengaruhi oleh efektivitas pelaksanaan pembimbing dan penyuluhan. Oleh karena itu penulis bermaksud ingin mengetahui besar nilai koefisien kolerasi (r), antara efektivitas bimbingan dan penyuluhan dalam pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa.
Hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan yang di sigifikan antara efektivitas bimbingan dan penyuluhan dalam pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa.
Teknik yang digunakan dalam pengambilan datanya adalah dengan penyebaran angket untuk mengetahui deskripsi efektivitas bimbingan dan penyuluhan di Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Suryalaya, dan data selanjutnya adalah dari hasil observasi, wawancara serta studi dokumntasi dari nilai rata-rata siswa pada buku laporan pendidikan semester genap untuk data prestasi belajar siswa, sedangkan untuk menguji hipotesis digunakan uji kolerasi (r).
Dari hasil penelitian diatas penulis memperoleh kesimpulan bahwa, terdapat hubungan positif yang signifikans antara efektivitas bimbingan dan penyuluhan dalam pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa. Koefisien yang diperoleh sebesar 0,50. Kenyataan ini memberi makna koefisien kolerasi cukup, karena skor 0,50 itu berada di antara 0,40 sampai 0,70. Hubungan tersebut dikategorikan positif dimana semakin tinggi efektivitas bimbingan dan penyuluhan, maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa.
Tidak tersedia versi lain