Text
Minat Siswa Dalam Belajar Aqidah Akhlak DAn Pengaruhnya Terhadap Perilaku Keagamaannya
Minat siswa dalam belajar Aqidah Akhlak, betapapun kecilnya dapat diharapkan mempengaruhi terhadap perilaku keagamaannya.
Dari dasar pemikiran diatas dengan membatasi diri pada Madrasah Aliyah Serba Bakti Suryalaya Tasikmalaya sebagai lokasi penelitian penulis, skripsi ini akan bertolak dari permasalahan bagaimana minat siswa dalam belajar Aqodah Akhlak dan pengaruhnya terhadap perilaku keagamaannya.
Tujuan penelitian ini adalah unutk mengetahui hubungan antara minat siswa dalam belajar Aqidah Akhalak dengan perilaku keagamaan siswa.
Penelitian ini dilakukan dengan tekhnik menelaah terlenih dahulu tentang buku-buku kepustakaan yang ada hubungannya dengan masalah yang diteliti. Selain itu diadakan pula observasi dilapangan, dengan menggunakan tekhnik wawancara, penyebaran angket kepada siswa.
Hasil pengolahan data memberi penjelasan bahwa minat siswa dalam belajar Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Serba Bakti Suryalaya dapat direalisasikan bentuk : tidak pernah bolos meninggalkan jam pelajaran, gemar membaca buku, berdiskusi, bertanya, petuh dan rajin menyelesaikan tugas.
Sedangkan perilaku keagamaan siswa dapat direalisasikan dalam perbuatan atau tingkah laku sebagai berikut : mentaati perintah Allah SWT, hormat kepada guru, patuh kepada orang tua, dan saling menghargai terhadap teman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan antara minat belajar siswa dalam belajar Aqidah Akhlak dan pengaruhnya terhadap perilaku keagamaannya termasuk kolerasi yang sedang, hal ini terlihat dari hasil perhitungan kolerasi mencapai 0,50. Dikatakan kolerasi sedang karena skor 0,50 berada diantara kurang lebih 0,40 sampai 0,70. Dengan demikian, maka hipotesis yang penulis ajukan yaitu semakin tinggi minat siswa dalam belajar Aqidah Akhlak, maka semakin tinggi pula perilaku keagamaannya.
Adapun prosentase hubungan antara minat siswa dalam belajar Aqidah Akhlak dan pengaruhnya terhadap perilaku keagamaannya mencapai 25%. Sedangkan 75% nya lagi merupakan faktor lain yang ikut mempengaruhi minat belajar siswa dalam belajar Aqidah Akhlak tersebut.
Tidak tersedia versi lain