Text
Pendapat Peserta Didik Tentang Disiplin Guru Hubungannya Dengan Prestasi Belajar Mereka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam
Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta dan pendidikan menengah. Disiplin guru dalam proses belajar mengajar adalah serangkaian tingkah laku yang saling berkaitan yang dilakukan dalam suatu situasi pembelajaran serta berhubungan dengan karakteristik dan jenis keadaan serba teratur, dimana dengan keadaan teratur itu diharapakan memperoleh kondisi yang membantu kepada pencapaian tujuan pendidikan. Disiplin guru dilihat dan dinilai oleh peserta didik, sehingga pendapat peserta tentang disiplin guru diduga dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar mereka pada pembelajaran PAI, khususnya yang terjadi di SDN 2 Darmaraja.
Permasalahanya, bagaimanakah pendapat peserta didik tentang disiplin guru di SDN 2 Darmaraja hubungannya dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI di sekolah tersebut.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Alat pengumpulan data terdiri dari angket, pendoman wawancara, pedoman observasi, studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Pengolahan data menggunakan teknik statistik dalam hal ini dengan bantuan program excel 2007.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pendapat peserta didik tentang disiplin guru di SDN 2 Darmaraja tergolong baik. Angka rata-rata keseluruhan mencapai 3,97 yang berada pada interval 3,5 - 4,5 dalam skala penilaian dengan kualifikasi baik. Prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI si SDN 2 Darmaraja Lumbung Ciamis tergolong baik dengan angka rata-rata 74,4. Pendapat peserta didik tentang disiplin guru hubungannya dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI di SDN 2 Darmaraja Lumbung Ciamis ditunjukan dengan angka kolerasi 0,70. Angka tersebut menunjukan kolerasi tinggi. Berdasarkan hasil uji hipotesis disimpulkan bahwa hipotesis nihil yang menyatakan tidak ada hubungan antara kedua variabel tersebut ditolak. Adapun hipotesis alternative yang menyatakan adanya hubungan antara pendapat peserta didik tentang disiplin guru dengan prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI di SDN 2 Darmaraja diterima. Simpulan tersebut dipahami berdasarkan t hitung lebih besar dari pada t table pada taraf signifikansi 5%. Koefisien determinasinya sebesar 71%. Artinya hanya 29% saja pendapat siswa tentang disiplin guru mempengaruhi prestasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI, selebihnya (71%) dipengaruhi oleh faktor lain yang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.
Tidak tersedia versi lain