Text
Pengaruh Disiplin Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (Penelitian Di SD Negeri 3 Kartamandala)
Ada tiga hal yang tidak dapat ditawar jika kita menginginkan upaya dan karya kita erhasil dengan baik tiga hal dimaksud : displin kerja keras dan banyak belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin pada prestasi belajar siswa. Dalam penelieian ini penulis berhipotesis (semakin tinggi disiplin guru maka semakin tinggi pila prestasi balajar siswa).
Hipotesis yag diajukn adalah terdapatnya pengaruh positif yang disignifikan antara disiplin guru dan prestasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskreipif dan teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara angket dan study dokumen.
Dri hasil penelitian terhadap disiplin guru dengan siswa sampel 30 orang siswa dan melalui penyebaran angket diperoleh skor terbesar 97 dan skor terkecil 61 sehingga menghasilkan mean =82.10 Dari data tersebut diperoleh angka 82,10:97x100%=84,64%. Angla tersebut menunjukan bahwa disiplin guruberada pada klasifikasi tinggi. Sedangkan prestasi siswa yang di ambil dari 30 orang responden dan sekor terkecil 60 dan mean 73,3. Dari data tersebut memperoleh angka:73,3:97x100%=84,64% Hal ini berarti bahwa prestasi belajar siswa berada pada klasifikasi melalui study komunikasi terhadap hasil ulangan umum diperoleh nilai diperoleh skor sebesar 89 dan skor terkecil 60 dan maen 73,3 Dari data tersebut diperoleh angka :73,3:89x 100%=82,35%. Hal ini berarti bahwa prestasi belajar siswa berada pada klasifikasi sangat tingi. Selanjutnya penulis melakukan uji normalitas lilifors untuk mengetahui normal tidaknya sampel. Ternyata sampel berdistribusi normal karena Dhitung.Dtabel yaitu 0,8666>0,1618. Setelah uji normalitas penulis melakuan uji hipotesis yang hasilnya adalah Ho ditolak karena Fhitung yaitu 4,20Dtabel hasilnya adalah Ho ditola karena Ftabel8,34 diterima karena Ftabel>Fhitung yaitu 18>0,59.
Analisis selajutnya adalah menghitung korelasi antara disiplin guru dengan prestasi belajar siswa hasilnya adalah terdapat korelasi positif sebesar 0,39 yang pada skala klasifikasi bertarap rendah. Selanjutnya dihitung besarnya prestasi guru terhadap pengaruh belajar siswa yang hasilnya adalah .15% dengan demikian faktor lain yang mempegaruhi prestasi belajar siswa adalah 100%-15%=85%.
Tidak tersedia versi lain