Text
Penerapan Model Pembelajaran Thing-Pair-Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik Terhadap Isi Bacaan
Ima Arismayanti.Penerapan Model PEmbelajaran Thing-Pair-Share Untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap isi bacaan(PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI KELAS V SDN Jamanis-Tasikmalaya)
Dalam proses pembelajaran,guru merupakan desainer pembelajaran,sehinggga jika melihat ada gejala kurang baik pada peserta didik selama proses,pembelajaran maka guru perlu melakukan perubahan berbagai aspek ,termasuk terhadap model pembelajaran yang di gunakannya.salah satu model pembelajaran yang di gunakan akan lebih tepat dan menarik,dimana pesrta didik dapat belajar secara kooperatif,dapat bertanya meskipun tida pada guru secara langsung ,dan mengemukakan pendapat pembelajaran thing-pair-share.model pembelajaran ini di gunakan untuk masalah rendahnya pemahaman peserta didik di SDN jamanis terhadap isi bacaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran dengan model thing-pair-share dalam meningkatkan pemahaman isi SDN jamanis kabupaten tasikmalaya.
Dengan tujuan tersebut penelitian ini bermanffat dalam mengembangkan perencanaan pembelajaran dan meningkatkan proses serta hasil belajar peserta didik.kepala sekolah,guru-guru dan peserta didik dapat merasakan manfaat tersebut sesuai dengan kapasitasnya masing-masing
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode tindakan (action research).pengumpulan data di lakukan dengan observasi,wawancara,dan test.pengolahan data dilakukan dengan pendekatan logika dan setatistika sederhana.
berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa melalui modelpembelajaran thing-pair-share,aktivitas belajar peserta diidik meningkat.Peningkatannya di tunjukan dengan angka rata-rata 2.86 pada siklus pertama menjadi 3.38 pada siklus kedua.Berdasarkan kenyatan tersebut maka di pahami bahwa model pembelajaran thing-pair-share telah mampu meningkatkan aktivitas peserta didik.mereka tidak hanya mendengarkan penjelasan dari guru,tetapi dengan pembelajaran model thing-pair-share telah meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap isi bacaan di kelas V SDN jamanis kabupaten tasikmalaya setelah menggunakan model pembelajaran thing-pair-share pad siklus ke II yakini 6 orang atau 31,58% dari 19 orang menunjukan kualifikasi sangat baik,8 orang atau 42,11% menunjukan kualifikasi baik dan 5 orang lainnya atau 26.32% menunjukan kualifikasi cukup.
Tidak tersedia versi lain