Text
"Fungsi Pendidikan Agama Keluarga Hubungannya Dengan Akhlak Peserta Didik"
Penelitian ini didasari oleh fakta dilapangan yang menunjukan bahwa akhlak peserta didik sudah semakin memprihatinkan. Penulis melihat dan memperkirakan apabila fungsi pendidikan keluarga dilaksanakan sesuai dengan semestinya maka diperkirakan akan mempunyai pengaruh yang besar bagi perbaikan akhlak peserta didik, karena keluarga merupakan tempat pertama bagi peserta didik dalam berinteraksi, dan diharapkan akan menjadikan akhlak peserta didik semakin baik lagi. Permasalahan yang timbul apakah ada hubungan yang positif antara fungsi pendidikan keluarga hubungannya dengan akhlak peserta didik. Hal ini berangkat dari anggapan bahwa terdapat hubungan yang poditif, namun hal ini belum terbukti secara ilmiah. Penulis menduga bahwa terdapat hubungan yang positif dan signitif antara partisipasi orang tua dalam pendidikan keluarga hubungannya dengan pembentukan akhlak peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungi pendidikan keluarga hubungannya dengan akhlak peserta didik di SMP N 3 Panumbangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif yaitu peneltian yang berupaya untuk mengungkapkan keadaan atau kondisi yang terjadi saat sekarang dengan mempertimbangkan keadaan masa lampau, malalui pengolahan angka-angka yang diperoleh dari penelitian. Dalam pengambilan data penelti mengumpulkan data dengan menyebarkan angket, wawancara, dokumentasi dan literatur. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan kolerasi yaitu dengan menggunakan rumus kolerasi Rsnk Spearman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa fungsi pendidikan keluarga dengan penelitian di SMP N 3 Panumbangan menunjukan hasil yang signifikan dengan kategori cukup. Karena dalam penghitungannya mencapai angka 50,7 yang berada pada interval 44-51 yang berklasifikasi cukup. Keadaan akhlak siswa di SMP N 3 Panumbangan berada pada klasifikasi yang cukup baik dengan hasil penelitian 30,5 yang berada pada interval 24-33 yang berklasifikasikan cukup. Terdapat hubungan signitifkan antara fungsi pendidikan keluarga hubungannya terhadap akhlak peserta didik dengan hasil perhitungan 0,49 (berada pada klasifikasi cukup), karena berada pada interval 0,41-0,60).
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain