Text
Hubungan Atara Motivasi Dengan Perestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN 1 Limusgede Cimerak Kabupaten Ciammis
Dalam proses belajar mengajar, motivasi merupakan salah satu faktor yang diduga besar pengaruhnya terhadap hasil belajar. Siswa yang motivasimya tinggi di duga akan memperoleh hasil belajar yang baik. Pentingnya motivasi belajar siswa terbentuk antara lain agar terjadi perubahan belajar ke arah yang lebih positif. Begitu pula halnya bila kkita lihat dalam proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam siswa yang memiliki motivasi yang tinggi dalam mempelajari Pendidikan Agama Islam melakukan kegiatan lebih cepat dibandngkan dengan siswa yang kurang termotivasi dalam mepelajari Pedidikan Agama Islam maka prestasi yang diraih juga akan lebih baik.
Hipotesis yang diajukan adalah Semakin naik Motivasi semakin baik pula Prestai Belajar peserta didik. Sebaliknya semakin buruk motivasi maka semakin buruk juga prestasi belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskri[tif dengan pendekatan kuanitatif adapun penelitan ini adalah obserpasi, wawacara serta penyebaran angket kepada 40 responden.
Hasil pengumpulan dan pengolahan data menunjukan nilai median variabe X (motivasi belajar) sebesar 9,00 berada pada klasifikasi baik, sedangkan variabel Y (prestasi belajar peserta didik) diperoleh nilai median 7483 berada pada klasifikasi kuran baik. Untuk mengetahui motvasi balajar terhadap perestasi belajar peserta didik diguakan rumus range spaermant rs dari hasil pengolahan diperoleh rs sebesar 0,61 berada pada lasifikasi tinggi. Hal ini erarti bahwa pengaruh motifasi belajar meiliki pengaruh tinggi pada prestasi belajar peserta didik di SDN 1 Limusgede. Sedangkan derajat determenasi motivasi balaar memiliki pengaruh sebesar 37,2% terhadap pengaruh belajar pesserta didik, adapun 62,8% Dipengaruhi oleg faktor lain seperti bakat, minat, sarana, disiplin, lingkungan, DLL
Denan elihat .rs Setela perhitngan ternyata hitung sebesar 4,74 sedang t tabel pada taraf 0,05 dk 40-2 = 38 diperoleh dalam data t (0,095/38)=1,70. Dengan demikian t hitung (4,74) t (1,70) serta elajar peserta didik yang berada pada klasifikasi baik (0,61) setelabh diuji signifikasi yernyata taraf sinifikanya tinggi.
Tidak tersedia versi lain