Text
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENGUBAH PECAHAN BIASA KE BENTUK PERSEN DAN DESIMAL DAM SEBALIKNYA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALAUI METODE TANYA JAWAB DAN PEMBERIAN JEDA WAKTU BERPIKIRDI KELAS V SDN KIARAPAYUNG
Dalam pelajaran matematika banyak masalah yang muncul, salah satunya pada pelajaran matematika kelas V di SD Negeri Kiarapayung tentang mengubah pecahan biasa ke bentuk persen dan desimal dam sebaliknya. Selama proses pembelajaran berlangsung peserta didik jarang yang memberi pertanyaan terhadap guru, begitu pula apabila guru mengajuka pertanyaan tidak ada seorang pun peserta didik yang mau menjawab pertanyaan, sehingga guru terpaksa menjawab pertanyaanya sendiri atau melupakan pertanyaan tersebut. Atas latar belakang tersebut kemudian diadakan PTK ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, studi dokumentasi, studi literatur.
Melihat hasil evaluasi pada perbaikan pembelajaran seperti yang terlihat pada tabel-tabel menunjukan adanya keberhasilan. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan nilai yang diperoleh peserta didik dari data awal ke siklus satu dan siklus ke dua. Pada pembelajaran matematika diperoleh data siklus 1 mancapai rata-rata nilai 65, siklus ke 2 mencapi rata-rata 81.
Secara individu diperoleh data dari hasil perbaikan pembelajaran matematika dari siklus 1 sampai siklus ke 2: pada siklus ke 1 ada 8 orang siswa yang belum mencapai nilai 60 ke atas. sedangkan pada siklus ke 2 sebanyak 11 siswa sudah mencapai nilai 60 ke atas. perbaikan pembelajaran sudah menunjukan kemajuan yang positif walaupun masih jauh apa yang diharapkan. Mungkin harus dikaji lagi lebih dimana letek kekuranganya baik dari faktor peserta didik maupun dari guru.
Setelah melakukan perbaikan pembelajaran , penulis melakukan diskusi dengan teman sejawat serta kepala sekolah, materi yang didiskusikan adalah temuan dari perbaikan pembelajaran mulai dari perencanaan, pelaksanaan sampai evaluasi.
Hasil evaluasi dari perbaikan pembelajaran menunjukan adanya peningkatan, dari siklus 1 sampai siklus ke 2, setelah didiskusikan ternyata keberhasilam tersebut dipengaruhi oleh antara lain metode yang dipilih, teknik pembelajaran yang di laksanakan, alat yang dipergunakan, serta bentuk soal evaluasi.
Tidak tersedia versi lain