Text
SISTEM MANAJEMEN PEDIDIKAN PONDOK PESANTREN DARUSSLAM
Manajemen dalam sebuah instituasi atau lembaga yang mengharapkan kemajuan, sangat penting dan mendasar untuk dikelola secara profesional. Kedudukan manajemen dalam sebuah lembaga ibarat mesin dalam sebuah kendaraan, komponen satu dengan lainya saling berkaitan dan saling mempengaruhi. Siapapun orangnya yang bisa menerpkan, memposisikan diri untuk menjadi pemimpin harus bisa memahami secara teoritis maupun praktis dari manajemen tersebut. Hal ini berpengaruh kepada perkembangan lembaga yang dipimpinnya.
Pondok Pesantren Darussalam merupakan lembaga pendidikan yang di kelola melalui manajemen pendidikan yang khas bercirikan kepasantrenan. Kemajuanya terletak pada kemapanan dan kemampuan seorang Kyai sebagai pemimpin dalam mengelola manajemen pendidikan pesantren yang ada. Bila seorang pemimpin sudah memahaminya, otomatis lembaga yang dipimpinnya dapat maju dengan pesat dan itu sangat tergantung bagaimana seorang pemimpin mengatur sistem manajemen pendidikan lembaganya.
Berdasarkan hal di atas, tujuan dari penilisan skripsi ini adalah untuk mengetahui sistem manajemen pendidikan Pondok Pesantren Darussalam Subang. Disamping juga untuk mengetahui pengaruh sisitem manajemen pendidikan terhadap kemajuan Pondok Pesantren Darussalam Subang.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang data-data penelitianya diperoleh dari hasil observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Data-data tersebut selajutnya dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif.
Dari hasil penelitian tersebut dapatlah diambil kesimpulan bahwa: Manajemen Pendidikan di Pondok Pesantren Darussalam telah digunakan terutama dalam manajemen kepemimpinan, manajemen sumber daya manusia, manajemn akademnik (pengembangan kurikulum), dan manejemen sarana dan prasarana.
Pengaruh manajemen Pendidikan terhadap kemajuan Pondok Pesantren Darussalam sangat besar. Hal ini bisa dilihat dari semakin banyaknya orang tua yang memasukan anak-anaknya untuk belajar di Pondok Pesantren Darussalam, evaluasi hasil proses pembelajaran yang dicapai santri semakin meningkat, dan terutama pendelgasian wewenang dan tanggung jawab Kyai ke para Ustadz dalam pengelolaan pandidikan.
Tidak tersedia versi lain