Perpustakaan Latifah Mubarokiyah

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Text

PENERAPAN PENDEKATAN COPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG TOPIK GEOMETRI DAN PENGUKURAN

Emin - Nama Orang;

ABSTRAK
Emin NIM 0755.180 : "Penerapan Pendekatan Cooperative Learning untuk Meningkatkan Hasil belajar siswa tentang topik geomtri dan pengukuran pada pembelajaran Matematika". Penelitian tindakan kelas di kelas III SDN 2 sukaharja Kecamtan Rajadesa Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2009/2010.
Dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat penguasaan siswa terhadap topik pembelajaran geometri dan pengukuran, sehingga bagaimankah penggunaan metode yang teoat dengan karakteristik pembelajaran berimbas pada perolehan hasil belajar siswa, yang tentunya akan berdampak pada nilai ketuntasan minimal. Bertolak dari itu penelitian dikembangkan bagaimanakah hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan penerapan pendekatan Cooperative Learning, Pendekatan penelitian yang digunakan dalam menhkaji penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (clasroom action research) yakni bentuk penelitian yang dilaksanakan melalui tahapan-tahapan atau siklus secara berulang.
Dalam setiap siklus terdiri dari emapat kegiatan pokok, yaitu perencanaan (pleanning)?, proses pelaksanaan (action)?, obervasi (observing) dan refleksi (relflecting). Pelaksanaan penelitian menggunakan model spiral dilakukan dalam dua siklus tindakam pembelajaran dengan subyek penelitian adalah siswa yang seluruhnya kurang memiliki pengalaman dalam geometri dan pengukuran, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran penerapan pendekatan Cooperative Learning telah meningkatkan hasil belajar siswa, dapay dilihat dari siklus ke-1 rata-ratanya 63%, aspek observasipun pada siklus ke-1 yang muncul 9 aspek dari 16 aspek atau sekitar 44% fsn siklus ke-2 rata-rata siswa menjadi 80%, dan dari 16 aspek yang ada semua aspek muncul. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Cooperative Learning sangat efektif dalam pembelajaran matematika tentang geometri dan pengukuran.


Ketersediaan
#
Perpustakaan Latifah Mubarokiyah Location name is not set
08419
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Missing
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
Suryalaya : IAILM., 2010
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
-
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Latifah Mubarokiyah
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?