Text
PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING(CTL) PENGARUHNYA TERHADAP AKHALAK PESERTA DIDIK
MIRRA NOVY AMELLYA: Penerapan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Pengaruhnya Terhadap Akhlak Peserta Didik ( Penelitian Di Sekolah Model Full Day School SD Al-Mutaqqin Kota Tasikmalaya
Tujuan pendidikan adalah membentuk manusia berakhlak mulia, tetapi yang menjadi masalah besar dalam dunia pendidikan sekarang masih lemahnya proses pembelajaran, peserta didik kurang didorong mengembangkan kemampuan berfikir, akibatnya mereka pintar secara teoritis tetapi miskin aplikasi, sehingga belum ada peubahan pada akhlak mereka. Untuk mencapai tujuan pendidikan diperlukan strategi pembeljaran yang berpusat pada aktivitas peserta didik.
cotextual teaching and learning(CTL) adalah salah suatu strategi pembelajaran yang menekankan keterlibatan peserta didik untuk menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkan dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong mereka untuk menerapkanya dalam kehidupan.
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi pembelajaran contextual teaching and learning(CTL) di SD Al-Mutaqqin, akhlak peserta didik SD Al-Mutaqqin dan pengaruh penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) terhadap akhlak peserta didik di SD Al-Mutaqqin. Oleh karena itu tijuan dari penelitian adalah unutk menganalisis rumusan masalah penelitian tersebut.
Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan teknik penelitian adalah teknik observasi, Wawancara, dokumentasi dan angket. Populasi penelitian adalah pendidikan dan peserta didik kelas V SD Al-Mutaqqin. Beradasarkan perhitungan untuk pengambilan sempel, maka sempel penelitian sebanyak 80 orang dari jumlah populsai 304 orang.
jumlah sampel tersebut dibagi menjadi dua variabel, yaitu: variabel X sebanyak 40 orang dan variabel Y sebanyak 40 orang. teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik sampling acak atau random sampling.
Berdasarkan uji statistik variabel X, diperoleh rata-rata hitung 58,5 yang berada pada interval 56,6 - 62,4 dengan klasifikasi tinggi. Sedangkan uji statistik variabel Y diperoleh rata-rata 60,88 yang berada pada interval 57,2 - 62,8 dengan klasifikasi tinggi. ini menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) dan akhlak peserta didik di SD Al-Mutaqqin Kota Taikmalaya tergolong tinggi.
Analisis kolerasi variabel menggunakan statistik uji kolerasi rank spearman (rs). Harga rs yang diperoleh sebesar 0,86 berada pada klasifikasi sangat tinggi (very high) dengan uji determinasi sebesar 73,9%. Melalui uji signifikan kolerasi, diperoleh kenyataan bahwa t hitung > t tabel atau 14,88 > 1,99. Sehingga penerapan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) mempunyai pengaruh yang sangat tinggi terhadap akhlak peserta didik di SD Al-Mutaqqin Kota Tasikmalaya.
Tidak tersedia versi lain