t tabel- 1,90 > 1,77 pada taraf signifikansi 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, kepribadian guru berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam." />
Text
PENGARUH KEPRIBADIAN GURU PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA
ABSTRAK
Adah Saadah: Pengaruh Kepribadian Guru PAI Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Penelitian terhadap siswa si MIS Hujungtiwu 2 Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepribadian guru PAI, prestasi belajar siswa kelas VI dalam bidang studi pendidikan Agama Islam, dan pengaruh kepribadian guru PAI terhadap prestasi belajar siswa kelas VI dalam bidang Pendidikan Agama Islam di MIS Hujungtiwu 2 Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis.
Penelitian ini pada dasarnya bertolak dari kajian teoritis yang menyatakan bahwa prestasi belajar siswa salah satunya dipengaruhi oleh kepribadian guru. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah "Demakin baik kepribadian guru maka semakin tinggi prestasi belajar siswa, dam sebaliknya semakin jelek kepribadian guru maka semakin rendah prestasi belajar siswa"
Secara umum, berlangsungnya penelitian ini berdasarkan atas prinsip metode deskriptif dan korelatif. Metode deskriptif dianggap paling relavan intuk menggali, mengungkapkan serta menganalisis fenomena empirik yang terjadi pada masa sekarang, sedangkan metode korelatif dianggap paling relavan untuk mencari pengaruh antara kedua variabel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi langsung, wawancara berstruktur, angket tertutup dan studi kepustakaan. Data kedua variabel dalam penelitian ini dihimpun dengan skala pengukuran interval. Analisis datanya yaitu analisis korelasional dengan menggunakan statistika parametrik. Dikarenakan data atau sampel penelitian kedua variabel berdistribusi normal, maka koefisien korelasinya menggunakan koefisien kerelsi sederhana dan regresinya berbentuk linear.
Hasil pengolahan data untuk variabel X adalah 83,02. Hal ini menunjukan bahwa kepribadian guru sangat baik, karena terletak pada interval 81% - 100%. Sedangka hasil pengolahan data untuk variabel Y adalah, 83,47. Hal ini menunjukan bahwa prestasi belajar siswa kelas VI, dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam sangat tinggi, karena terletak pada interval 81% -100%. Koefisien kolerasi antara variabel X dengan variabel Y yaitu, 0,17 (sangat rendah), karena terletak pada interval < 021. Sederajat determinasi atau pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah 2,89%. Sedangkan 97,11% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Hasil uji signifikansi atau uji hipotesis menunjukan bahwa t hitung> t tabel- 1,90 > 1,77 pada taraf signifikansi 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, kepribadian guru berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam.
Tidak tersedia versi lain